Kamis, 07 Mei 2009

TIMOR TIMUR - PRESIDEN BARU TEKANKAN HUBUNGAN ERAT DENGAN GEREJA DAN VATIKAN

DILI (UCAN) -- Dalam acara pengukuhannya pada 20 Mei, Presiden Jose Ramos-Horta yang baru terpilih berjanji untuk bekerja secara erat dengan Gereja Katolik.

Dengan berpakaian hitam, bukan T-Shirt “Yesus” yang digunakannya dalam kampanye, Ramos-Horta mengatakan: "Seperti yang kita semua tahu, Gereja Katolik telah menyertai negeri ini selama berabad-abad. Gereja mendukung pendidikan manusia dan telah menjadi bagian dari kebudayaan kita."

Presiden menekankan bahwa banyak kali dalam kampanyenya, dia mengatakan kepada rakyat, “saya memiliki tiga pemimpin – paus kita di Roma dan dua uskup kita.” Dia merujuk kepada Uskup Baucau Mgr Basilio do Nascimento dan Uskup Dili Mgr Alberto Ricardo da Silva.

Ramos-Horta, 57, adalah seorang kelompok independen yang memenangi 69 persen dalam pemilihan umum 9 Mei. Dia mengalahkan Francisco "Lu Olo" Guterres dari Partai Fretilin. Pemilihan umum parlemen, yang akan memilih perdana menteri baru, akan diselenggarakan 30 Juni.

Fretilin adalah sayap gerakan gerilya yang melawan pendudukan Indonesia sebelum negara itu memperoleh kemerdekaan tahun 2002.

Presiden menyerukan perdamaian di negara kecil, penuh kekerasan, dan berpenduduk mayoritas Katolik itu. Gelombang kekerasan terakhir terjadi pada April 2006, setelah muncul perdebatan dalam militer karena adanya diskriminasi di kalangan anggota karena berbeda tempat asal..

"Saya meminta kaum muda untuk meninggalkan kekerasan dan meletakkan senjata,” kata presiden itu. “Jika kalian tidak melakukannya, kapan kalian bisa hidup damai?” tanyanya.

Beberapa jam sebelum dia bertugas, terjadi kerusuhan kaum muda dengan saling melempar batu di ibukota negara itu, yang mengakibatkan satu orang tewas dan banyak lainnya menderita luka-luka, demikian polisi dan para pejabat rumah sakit. Pasukan penjaga keamanan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa diturunkan untuk membantu memulihkan keamanan.

Uskup do Nascimento dan Uskup da Silva, yang menghadiri acara pengukuhan presiden di Gedung Parlemen, menyalami presiden dan mendesak segenap masyarakat untuk bekerja sama dengannya (Ramos-Horta) untuk membangun negeri ini," kata Uskup da Silva kepada UCA News pada hari yang sama.

Dia juga menyalami masyarakat yang telah terlibat dalam pemilihan umum yang damai itu. “kalian telah menunjukkan kepada dunia bahwa kita dapat hidup damai, dan saya minta kalian untuk meneruskan hal itu dalam pemilihan umum parlemen pada 30 Juni,” kata prelatus itu.

Uskup do Nascimento mengatakan kepada UCA News, dia optimis tentang kepemimpinan Ramos-Horta. "Saya yakin, dia bisa memimpin negara ini menuju sebuah masa depan yang lebih baik. Dia adalah seorang diplomati terkenal, sehingga dia dapat menyelesaikan krisis di negeri ini. Gereja akan bekerja sama dengan dia untuk menciptakan perdamaian dan keamanan di negeri ini,” katanya.

Pastor Jose Filipe dari Komisi Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Dili mengatakan kepada UCA News, presiden baru akan meningkatkan hubungan baik antara Gereja dan negara.

Menurut imam yang berusia 32 tahun itu, hubungan antara Gereja dan pemerintah tidak harmonis pada tahun-tahun ketika Mari Alkatiri menjadi perdana menteri negara ini.

Media melaporkan bahwa Ramos-Horta, seorang pemenang Hadiah Nobel Perdamaian, dipandang sebagai orang yang penting dalam mempertahankan hubungan baik dengan negara tetangga Australia, dan dalam kampanye untuk pemilihan umum presiden dia menekankan pentingnya Gereja Katolik. Dia mengenakan T-shirt bergambar Yesus Kristus, menggunakan poster-poster dirinya dengan uskup Dili, dan menurut laporan dia berjanji bahwa dia akan mengalokasikan 10 juta dolar Amerika Serikat per tahun untuk Gereja.

Berikan Komentar anda :

Posting Komentar

Supported

Blog Terbaik Indonesia Blog Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! free search engine website submission top optimization Find broken links on your website for free with LinkTiger.com Top Global Site Entertainment blogs TopOfBlogs Entertainment Top Blogs Entertainment Blogs Entertainment Blogs - Blog Rankings DigNow.net Blog directory Lifestyle Blogs - BlogCatalog Blog Directory Add to Technorati Favorites

  ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO