Selasa, 26 Mei 2009

Mengatasi keraguan dan rasa takut


Keraguan akan kemampuan diri sendiri dan rasa takut mempengaruhi kemampuan kita dalam meraih atau menetapkan cita-cita. Keraguan dan rasa takut adalah suara-suara dalam kepala yang mengatakan bahwa, "Anda tidak mungkin berhasil, lalu kenapa anda mencoba?" dan "Anda pikir anda siapa?". Keraguan dan rasa takut juga apa yang membuat anda mendengarkan suara-suara itu dan memutuskan untuk menyerah sebelum anda memulainya

Banyak orang yang berpengalaman dengan keraguan dan rasa takut pada suatu hal dalam hidup mereka mengambil tindakan untuk mengatasinya. Sementara, banyak yang lainnya terjebak, atau merasa percaya diri dalam satu hal saja dalam hidup mereka, misalnya pekerjaan. Mereka terlalu takut untuk mencoba hal baru seperti bersekolah kembali, menjalin hubungan baru, atau mempelajari kemampuan baru.

Ketika kita membiarkan keraguan dan rasa takut mengatur kehidupan kita, kita kehilangan kesempatan atau peluang. Kita memprediksi dan percaya bahawa hal baik tidak akan terjadai pada kita, jadi kita tidak mencoba sesuatu yang baru, dan menolak untuk mengambil resiko bahkan resiko yang kecil sekalipun. Hal ini akan membuat kita mengabaikan orang lain atau situasi yang mungkin dapat membantu kita untuk mencapai tujuan kita. Keraguan dan rasa takut memang bisa datang dengan bentuk dan sumber yang berbeda, tapi kita bisa belajar untuk mengatasinya.

Jika anda ingin mengatasi perasaan ragu dan taku anda, baca 10 tekhnik berikut:

1. Buat daftar rasa takut anda. Hanya dengan mengakui adanya rasa takut itu anda dapat mencari solusinya.
2. Tuliskan bagaimana rasa takut ini mempengaruhi hidup anda.
3. Sadari suara-suara negatif dalam diri anda dan catat pesan-pesan negatif tersebut.
4. Mulailah membangun sistem dukungan dari teman-teman dan hindari orang-orang yang memberi perkembangan rasa negatif pada diri anda.
5. Bergabunglah dengan kelompok pendukung dari orang-orang yang mengalami masalah yang sama.
6. Ubah setiap pesan negatif menjadi pesan yang menegaskan dan membangun.
7. Bacalah buku yang membantu anda merasa yakin dengan diri anda.
8. Sadari keadaan masa lalu anda, dan bersedialah untuk dapat melupakannya.
9. Buat daftar cita-cita anda dan tindakan yang anda perlu lakukan untuk mencapainya.
10. Lakukan salah satu dari tindakan tersebut setiap harinya. Setiap kali anda melakukan sesuatu yang membawa anda lebih dekat dengan cita-cita anda, hal itu akan membuat anda merasa lebih baik.

Ketika keraguan dan rasa takut datang kembali, dan masih saja terus datang, atasi dengan menggunakan alat dan kemampuan yang sudah anda pelajari.


Berikan Komentar anda :

Posting Komentar

Supported

Blog Terbaik Indonesia Blog Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! free search engine website submission top optimization Find broken links on your website for free with LinkTiger.com Top Global Site Entertainment blogs TopOfBlogs Entertainment Top Blogs Entertainment Blogs Entertainment Blogs - Blog Rankings DigNow.net Blog directory Lifestyle Blogs - BlogCatalog Blog Directory Add to Technorati Favorites

  ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO