Selasa, 26 Mei 2009

Enam tanda Anda 'salah pekerjaan'


Anda merasa tidak sreg lagi bekerja di kantor yang sekarang?! Sepertinya ada sesuatu yang mengganggu benak Anda tentang pekerjaan Anda yang sekarang, namun Anda tak tahu apa itu. Mungkin enam pertanyaan ini bisa jadi jawabnya.

Gaji yang Anda terima kurang dari harapan Anda, bahkan jauh di bawah standar Anda.
Seseorang dengan gaji yang 'kurang' boleh dibilang selalu meyakini bahwa semakin besar gaji yang mereka terima, maka hal itu akan membuat mereka merasa lebih baik. Kadang hal ini ada benarnya, namun kadang juga salah.

Jika keluhan terbesar Anda adalah tentang gaji, maka pikirkanlah perumpamaan ini, jika gaji Anda naik 10-20% saat ini, apakah Anda akan merasa puas? Jika ya, maka bukan gaji Anda yang bermasalah, tapi Anda sendiri.

Namun, jika Anda berharap gaji naik 50-100%, maka mungkin pekerjaan yang sekarang harus Anda lepas dan Anda harus mencari yang lain karena ini berarti Anda bekerja dengan gaji yang jauh dari standar Anda.

Anda jatuh pada satu titik di mana Anda merasa bahwa semua usaha yang Anda lakukan tak berarti dan tak membawa hasil yang optimal.

Mungkin saja banyak yang mengincar posisi yang Anda miliki saat ini. Mungkin juga pekerjaan yang Anda miliki begitu populer hingga menjadi impian banyak orang. Namun, apa gunanya jika ternyata itu bukan bidang Anda yang sesungguhnya. Apa gunanya memaksakan diri dan membuang waktu menekuni pekerjaan yang 'bukan Anda banget'?

Anda tak belajar apapun
Hal ini merupakan alasan yang paling mudah untuk mengetahui apakah Anda 'salah pekerjaan'. Ujilah apakah Anda belajar sesuatu yang baru dari pekerjaan Anda yang sekarang?!

Apakah pekerjaan Anda yang sekarang menambah pengetahuan Anda, pengalaman Anda, dan mengembangkan karakter yang baik dalam diri Anda?! Jika tidak, maka sebaiknya Anda hengkang dari sana.

Tak seorang pun pernah bereaksi positif terhadap hasil kerja Anda
Untuk yang satu ini, Anda harus tahu membedakan apakah atasan Anda terlalu sibuk untuk mengevaluasi pekerjaan Anda ataukah memang tidak ada yang 'bisa' dipuji dari hasil kerja Anda?! Sebab hal ini bisa menjadi tanda kuat dari perusahaan untuk memutuskan hubungan kerja dengan Anda nantinya.

Lebih baik jika Anda memberanikan diri untuk minta evaluasi tentang hasil kerja Anda saat ini. Jika atasan Anda mengatakan hal-hal baik, maka itu tandanya dia hanya sibuk selama ini. Namun, jika dia banyak memberi kritik dan saran, maka dapat berarti bahwa usaha Anda selama ini kurang memuaskan bagi perusahaan. Setelah ini, terserah Anda, apakah masih mau bertahan dengan memperbaiki segala kekurangan ataukah mencari pekerjaan lain.

Anda membenci atasan Anda
Untuk alasan yang satu ini, Anda perlu menyelidiki secara objektif. Apakah benar bahwa bos Anda yang menjengkelkan sehingga bukan hanya Anda yang tak tahan terhadapnya, ataukah Anda yang keberatan dengan dirinya dan segala aturannya?

Jika Anda sendiri yang merasa keberatan, maka Anda perlu belajar memperbaiki sikap sebagai bawahan. Karena jika diri Anda yang tidak beres, maka di mana pun Anda bekerja, Anda tetap bentrok dengan masalah yang sama.

Anda merasa tidak nyaman lagi
Untuk hal yang satu ini memang memiliki ragam alasan, mulai dari hal kecil yang mengganggu hingga hal-hal besar. Misalnya saja Anda bekerja di bengkel sebagai akuntan, dan semua karyawan yang ada adalah kaum adam. Jika Anda sudah merasa tidak nyaman lagi mengapa harus bertahan?!

Cari tahu apa yang mengganggu Anda. Selama hal itu masih bisa ditoleransi oleh prinsip Anda maka ada baiknya Anda bertahan saja. Namun, jika Anda merasa sudah tak tahan lagi, untuk alasan apapun, maka sebaiknya Anda mencari pekerjaan yang lain.

Berikan Komentar anda :

Posting Komentar

Supported

Blog Terbaik Indonesia Blog Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! free search engine website submission top optimization Find broken links on your website for free with LinkTiger.com Top Global Site Entertainment blogs TopOfBlogs Entertainment Top Blogs Entertainment Blogs Entertainment Blogs - Blog Rankings DigNow.net Blog directory Lifestyle Blogs - BlogCatalog Blog Directory Add to Technorati Favorites

  ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO