English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 30 November 2009

8 Jenis pekerjaan (bahan kuliah Entrepreneur)


Sebelum memulai sesuatu usaha, kita harus mempelajari dan memahami karakter yang kita miliki. Dengan mengetahui karakter mana yang cocok dengan diri kita, maka sebagai individu yang sadar, akan dapat menjalani karir dengan tepat yang pada akhirnya menghasilkan sesuatu yang sempurna.

Adapun jenis pekerjaan dapat dibagi menjadi 8 jenis,

1. Accumulator merupakan type pekerja yang menanam dahulu dan menuai kemudian, bukan hanya dalam arti harfiah tetapi mungkin saja dalam bentuk usaha ataupun investasi. Personality yang dimiliki biasanya adalah cermat dan sabar. Contohnya adalah waren bufet (jual beli saham).

2. Trader tipe pekerja yang hampir sama dengan Accumulator tetapi dalam proses menuai hasil tipe trader ini melakukan dalam tempo yang lebih cepat, contohnya adalah George Soros. Kekayaan yang dimilikinya adalah 63 kali dari kapitalisasi seluruh saham diindonesia. Bisa dibayangkan, jika George soros melakukan manuver investasinya, kemungkinan besar akan dapat mengganggu perekonomian dunia. Krisis 1998 di Indonesia diyakini sebagai dampak dari investasi yang dilakukan oleh George soros.

3. Deal Maker, menghubungkan penjual dan pembeli, istilah kerennya adalah broker atau calo atawa makelar. Tipe ini biasanya mengambil fee dari jasa yang dilakukannya. Tidak memerlukan modal besar, yang penting adalah kejelian dalam melihat peluang yang ada. Jeli melihat peluang, jeli melihat siapa yang bisa dihubungkan, biasanya pintar bicara. Contohnya adalah Donald Trump. Bisnisnya adalah jual beli perusahaan, beli perusahaan bangkrut, dibeli, diperbaiki dan dijual kembali. Karya fenomenalnya adalah penggabungan Sonny dan Erickson.

4. Suppoter, orang yang mendapatkan penghasilan karena menjalankan sistem yang sudah ada dalam organisasi, profesional, karyawan. Contohnya adalah Jack Well, CEO general electric, prestasi Jack Well adalah dalam kepemimpinannya GE mencapai peringkat 1 dan 2 pada era tahun 1980 sampai 1990 an. Sehingga pada saat pensiun, Jack Well mendapatkan hadiah bonus sebuah pulau.

5. Star, Pernghasilan karena menjual kemampuannya didepan umum, seperti guru, dosen, artis, atlit. Contohnya adalah elvis presley.

6. Creator, menciptakan produk/jasa secara berkesinambungan, programer, pengarang, pelukis contohnya adalah Bill Gates, menciptakan MS Dos, Windows 95 sampai Vista, pemilik Microsoft, tetapi masih tetap bekerja dan mencipta. Tipe ini bekerja karena merasakan kebutuhan untuk terus berkarya, dengan motto “kerja merupakan kenikmatan”.

7. Mechanic, orang yang bekerja menciptakan sistem didalam organisasi, contoh pekerjaan , konsultan, pemilik perusahaan. Ree Crock pendiri Mc Donald, kolonel Sander pendiri KFC.

8. Lord/Raja/Tuan Tanah/ Juragan, mendapatkan penghasilan karena memiliki asset yang bekerja secara otomatis bagi mereka. Contohnya adalah MLM posisi puncak, investasi, Deposito, bisnis sewa property. Bentuk bisnis yang umum dimiliki oleh Lord adalah Franchise. Contoh lord adalah sultan Brunei, karena memiliki aset 168 tambang minyak dan emas yang mengisi pundi-pundi milikinya.

Semuanya kalau dapat memaksimalkan yang dimiliki, pada dasarnya akan berakhir di LORD. Untuk dapat berhasil dalam melakukan suatu pekerjaan, adalah anda harus bekerja atau berusaha pada bidang yang paling anda sukai. Bidang yang paling anda sukai adalah suatu pekerjaan yang tetap akan anda kerjakan walaupun tanpa dibayar sekalipun (karena menikmati pekerjaan tersebut). kalo gak salah nih di sadur dari websitenya si Roger (www.rogerhamilton.com)

Entrepreneur atau kewirausahaan dalam prakteknya tidak seindah teorinya, terutama tahun-tahun pertama, pengalaman dilapangan lebih berharga dariada ilmu yang diperoleh dari teks book. Kalau anda belajar dari teks book, maka akan menjadi pintar, sedangkan jika belajar dari lapangan, anda akan menjadi kaya.

1 Comentár:

Mobile App Developers mengatakan...

What you're saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I'm sure you'll reach so many people with what you've got to say.

Posting Komentar

Supported

Blog Terbaik Indonesia Blog Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! free search engine website submission top optimization Find broken links on your website for free with LinkTiger.com Top Global Site Entertainment blogs TopOfBlogs Entertainment Top Blogs Entertainment Blogs Entertainment Blogs - Blog Rankings DigNow.net Blog directory Lifestyle Blogs - BlogCatalog Blog Directory Add to Technorati Favorites

  ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO