Jumat, 14 Agustus 2009

Upaya Kecil nan Murah Menuju Sehat


Untuk apa harta kekayaan melimpah, pasangan paling baik sedunia, atau menjadi yang paling cantik sedunia jika tak bisa dinikmati karena sakit. Karena itu, sudah sepatutnya kita menjaga “harta” paling berharga, yakni kesehatan kita. Namun, sayangnya, belum banyak orang yang tergerak untuk menjaga aset ini. Padahal, banyak hal-hal kecil dan tak perlu keluar biaya mahal untuk memelihara kesehatan tersebut. Berikut di antaranya;

1. Menata Ulang Kamar Tidur
Tampilan minimalis selain cantik untuk kamar tidur, tapi juga bagus untuk kesehatan si penghuninya. Bantal berbulu tebal, tumpukan buku dan majalah, boneka-boneka, dan pernik-pernik kecil merupakan tempat tinggal favorit tungau atau kutu busuk. Kutu-kutu ukuran mikroskopis tersebut merupakan penyebab alergi dalam ruangan paling utama. Disarankan pula oleh Beth Corn, M.D., ahli imunologi alergi di Mount Sinai Medical Center in New York City untuk tidak lupa menutup jendela di malam hari. Hal ini diperlukan untuk mencegah alergi akibat jamur dedaunan, atau kelembaban di malam hari yang tersampaikan lewat udara.

2. Olahraga di Rumah
Punya internet? Siapa yang belum menyadari canggihnya dunia maya? Untuk memangkas biaya bulanan ke pusat kebugaran untuk mengikuti kelas aerobik, Anda bisa menonton gerakan-gerakan tersebut lewat YouTube. Cari keyword “15 minute abs workout”, atau “Bikini body circuit workout”. Selain Anda tak perlu membayar iuran bulanan, Anda juga bisa ikuti “kelas maya” ini kapan pun Anda bisa.

3. Minum Air Putih
Tahukah Anda, minum air putih itu sangat baik untuk tubuh? Kalau sudah tahu, apakah Anda sudah menerapkan 8 gelas per hari yang disarankan? Selain murah dan mudah di dapat, air putih juga amat baik untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh, plus mampu menahan lapar. Tak perlu terus menerus beli air kemasan. Anda kan bisa memasak air di rumah, kalau ternyata air keran di lingkungan rumah kurang baik, Anda bisa membeli yang galon, lalu menyimpannya di dalam botol minum kemasan dan dibawa ke mana pun. Tapi perlu diingat, botol air minum kemasan yang biasa Anda beli di warung tidak untuk dikenakan berkali-kali. Jadi, pastikan Anda membeli botol minum yang memang dikhususkan untuk wadah penyimpanan berulang kali.

4. Ukur Lebar Pinggang
Jangan takut untuk selangkah lebih maju dalam meningkatkan kesehatan. Anda tahu, Anda bisa! Coba ukur lingkar pinggang Anda. Lilitkan pita pengukur di sekeliling perut mulai dari tali pusar. Beragam studi menunjukkan, bahwa terlalu banyak lemak di sekitar perut adalah salah satu indikator terkuat dari potensi penyakit jantung. Jika ukuran lingkar pinggang Anda lebih dari 35 inci atau 89 cm berarti peningkatan risiko. Cara efektif untuk menghilangkan kelebihan lemak adalah dengan melakukan olahraga kardio yang membuat jantung berdegup. Misal, dengan berjalan kaki selama 45-60 menit 3 kali seminggu bisa dijadikan kebiasaan sehat yang murah.

5. Cek Tensi Darah
Beberapa klinik umum menyediakan alat pengukur tensi darah secara gratis. Namun, jika tidak ada, Anda bisa membayar beberapa ribu di apotek yang menyediakan layanan ini. Belakangan ini, tak jarang wanita mengalami tensi tinggi akibat gaya hidup, akibat makan makanan cepat saji dan tidak berolahraga. Untuk Anda ketahui, tekanan yang normal dan sehat adalah 120/80. Batasan tingginya adalah 139/89, sementara tekanan darah tinggi dimulai dari angka 140/90. Olahraga rutin dan menekan konsumsi sodium bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Mengubah gaya hidup sehat selain menurunkan risiko penyakit jantung, juga bisa menekan biaya pengobatan sakit jantung yang bisa terjadi jika Anda tetap melakukan gaya hidup tidak sehat.


NAD
Sumber : Glamour

Berikan Komentar anda :

Posting Komentar

Supported

Blog Terbaik Indonesia Blog Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! free search engine website submission top optimization Find broken links on your website for free with LinkTiger.com Top Global Site Entertainment blogs TopOfBlogs Entertainment Top Blogs Entertainment Blogs Entertainment Blogs - Blog Rankings DigNow.net Blog directory Lifestyle Blogs - BlogCatalog Blog Directory Add to Technorati Favorites

  ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO